RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6





Di persembahkan oleh:

Nama : Nuraini Dwi Saputri
NIM   : 1500005236
Prodi : PGSD UAD
Hasil gambar untuk buku siswa kelas 1 tema 1












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD ...............

Kelas/ Semester          : 1/ I




Tema                          : 2 Kegemaranku
Subtema                      : 1 Gemar Berolah Raga
Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKN
Pembelajaran ke-       : 6
Alokasi Waktu           : 1 X Pembelajaran

A.  Kompetensi Inti
K1 : Menerima, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
K2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  santun,  peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarag, teman dan guru.
K3              :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
K4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia

3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan

4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.


Bahasa Indonesia

3.5.1 Menjelaskan cara memelihara kesehatan (C2)

3.5.2 Menyebutkan jenis-jenis olahraga (C1)



4.5.1. Melafalkan kosakata jenis-jenis olahraga (C1)

4.5.2. Menceritakan kegemaran olahraga (C2)

Matematika

3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan


4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.



Matematika

3.4.1. Mengikuti penyelesaikan penjumlahan bilangan (P1)

3.4.2 Mencoba menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan (P2)



4.4.1. menirukan  kalimat matematika dari soal cerita (P1)
4.4.2. menanggapi masalah pengurangan dan penjumlahan di kehidupan sehari – hari (P2)


PPKN

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.



4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


PPKN

3.2.1. Melafalkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah (C1)

3.2.2. Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah

4.2.1. menjodohkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (C1)

4.2.2. menjelaskan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (P2)



C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks tentang olahraga, siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh olahraga dengan tubuh. (C1. pengetahuan – konseptual)
2.      Dengan bermain make a match, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis olahraga dengan tepat. (C1. pengetahuan – faktual)
3.      Dengan bermain make a match, siswa dapat menjodohkan gambar olahraga sesuai namanya dengan benar. (C1. pengetahuan – faktual)
4.      Dengan menceritakan kegemaran berolahraga, siswa dapat berolaharaga dengan baik dan benar.
D.  Karakter yang di kembangkan
Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama

E.  Metode Pembelajaran
1.      Model                     : Cooperative Learning
2.      Pendekatan             : Scientific Learning
3.      Metode                   : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, permainan.

F.  Sumber Belajar
Ø Buku Pedoman Guru Tema : kegemaranku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Ø Buku Siswa Tema : kegemaranku  Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Ø Internet

G. Media Pembelajaran
1.      Gambar olahraga
2.      Laptop
3.      Kertas
4.      Buku

H.  Materi Pembelajaran
a)      Bahasa Indonesia
Mengenal kosakata tentang memelihara kesehatan
b)      Matematika
Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah                                                           
c)      PPKN
Mengientifkasi aturan yang berlaku

I.       Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Sintaks
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal
Fase:
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Salah seorang siswa maju kedepan kelas untuk memimpin berdoa dengan bimbingan guru (PPK)
3.      Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar siswa kemudian melakukan presensi secara klasikal
4.      Literasi:
Siswa membaca buku bacaan yang di bawanya
5.      Motivasi:
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku anak sehat” untuk menyemangati siswa dalam mengikuti pembelajaran
6.      Apersepsi:
Untuk mengawali pelajaran, siswa dan guru melakukan tanya-jawab tentang pengalaman siswa berolahraga. Guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut
Ø  Siapa yang disini adalah anak sehat?
Ø  Bagaimana cara kalian agar menjadi anak yang sehat?
Ø  Guru memancing siswa agar ada yang menjawab Olahraga
Ø  Salah satu cara agar kita menjadi sehat adalah dengan olahraga. Olahraga apa yang sering kalian lakukan?
Ø  Jenis olahraga apa yang kalian ketahui?
7.      Orientasi:
Guru menjelaskan tujuan, kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari ini

Kegiatan Inti
Fase:
Menyajikan Informasi

1.      Sebelum memasuki kegiatan inti, guru mengeluarkan salah satu alat olahraga yaitu bola tenis meja
Ø  Apakah kalian tau alat apa yang ibu punya?
2.      Siswa mengamati bola tenis meja (mengamati - kreativitas)
3.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang benda yang diamati. Guru menanggapi pertanyaan siswa. (menanya – kreativitas)
Ø  Bola ini adalah bola yang digunakan untuk berolahraga. Perhatikan gambar-gambar yang akan ibu tempel.
4.      Guru menempelkan gambar jenis-jenis olahraga di papan tulis. Siswa mengamati gambar  jenis-jenis olahraga (mengamati - kreativitas).
Ø  Apakah kalian tahu olahraga apa yang menggunakan bola ini?
Ø  Olahraga apakah itu?
Ø  Jika sudah ada yang bisa menjawab tenis meja maka guru memberi penguatan positif
5.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya-komunikasi)
6.      Guru menyajikan Teks Bacaan di papan tulis
Text Box: TUBUHKU SEHAT

Edo selalu memelihara kesehatan tubuhnya
Ia mandi dua kali sehari
Ia makan makanan bergizi
Ia sering berolahraga
Olahraga ada banyak
Ada karate
Ada lari gawang
Ada tenis meja
Ada tolak peluru, dan lompat jauh
7.      Guru membacakan teks bacaan tentang olahraga, siswa menirukan dengan suara nyaring. (mengamati - kreatifitas ).
8.      Guru menyiapkan nama-nama olahraga
9.      Beberapa siswa dengan bimbingan guru menjodohkan nama olahraga dengan gambar yang tepat (mencoba – kerjasama)
10.  Siswa yang maju diberi penguatan positif
11.  Siswa membaca nama-nama jenis olahraga dengan nyaring (mencoba - berkomunikasi)
12.  Siswa diajak berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati.
13.  Guru memberikan pertanyaan untuk memancing siswa. dengan memberi pengantar pertanyaan (mencoba-berpikir kritis)
Ø  “Apakah olahraga kesukaanmu?”
Ø  “Bagaimana cara melakukannya?”
Ø  “Kapan kamu biasa melakukannya?”
Ø  “Dengan siapa kamu melakukannya?”
Ø  “Dimana kalian melakukannya?”
14.  Beberapa siswa menceritakan kegemaran olahraga di depan kelas (mencoba – komunikasi )
15.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab
Ø  Walaupun kita menyukai olahraga kita juga harus tau tempat dimana kita berolahraga
16.  Siswa memberikan contoh hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah (mengkomuniksikan – berkomunikasi)

Fase:
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif
17.  Siswa di kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar
Ø  Siswa menghitung 1, 2 urut dari depan
Ø  Siswa berkumpul dengan nomor yang sama
18.  Guru mempersiapkan kartu soal dan kartu jawaban
Ø  Setiap kelompok mendapat satu paket kartu soal dan kartu jawaban
Ø  Satu paket kartu soal dan kartu jawaban dibagikan secara acak pada semua anak dalam satu kelompok
Ø  Setiap siswa mendapat satu kartu dengan posisi tertutup

Fase:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
19.  Pada waktu yang ditentukan siswa membuka kartu dan membaca isinya kemudian mencari pasangan jawaban yang dibawa teman yang lain dalam satu kelompok (mencoba – kerjasama)
20.  Anak yang paling cepat berpasangan maju ke depan kelas
21.  Guru meminta siswa yang maju di depan secara bergantian untuk menceritakan pengalaman menaati aturan di rumah (mengkomunikasikan – berkomunikasi)

Kegiatan
Penutup

22.  Setelah semua siswa maju siswa diajak menyimpulkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah (menyimpulkan – berpikir kritis)
5 menit

Kegiatan
Sintaks
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal
Fase:
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
23.  Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
24.  Motivasi:
Siswa melakukan Senam “Si Tommy”
25.  Apersepsi:
Ø  Guru mengulas kembali pembelajaran pada sesi sebelumnya tentang olahraga tenis meja
Ø  Guru mengeluarkan alat yang digunakan untuk bermain tenis meja yaitu bola tenis meja
Ø  Siswa mengamati bola tenis meja

Kegiatan Inti
Fase:
Menyajikan Informasi

26.  Untuk bermain tenis meja Edo membawa 1 bola. Kemudian Udin datang membawa 3 bola.
Ø  Sekarang ada berapa bola tenis meja semuanya?
Ø  Guru mendemonstrasikan penjumlahan soal cerita menggunakan gambar


Fase:
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif
27.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø  Setiap kelompok berisi 4 orang


Fase:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
28.  Siswa bersama-sama mengerjakan Lembar Kerja Siswa (Mencoba – Bekerja sama)
29.  Setelah semua kelompok, Guru memanggil perwakilan kelompok untuk maju ke depan kelas
30.  Berapa siswa dari beberapa kelompok maju mengerjakan soal LKS (Mengkomunikasikan – Berkomunikasi)
31.  Siswa diberi penguatan positif
32.  Guru membahas jawaban yang telah dikerjakan siswa

Kegiatan Penutup
Fase:
Evaluasi
1.      Siswa bersama guru merefleksi kegiatan yang telah dilaksanakan hari ini
Ø  Cara memelihara kesehatan tubuh adalah dengan merawatnya. Agar tubuh kita sehat kita harus rajin berolahraga. Banyak olahraga yang bisa kita lakukan seperti olahraga tolak peluru, tennis meja dan masih banyak lagi.
Ø  Aturan di rumah harus kita laksanakan.
2.      Guru menanyakan apakah ada yang belum dipahami siswa
3.      Guru membagikan soal evaluasi kepada siswa untuk mengukur ketercapaian indikator pada pertemuan ini.
4.      Siswa mengerjakan soal evaluasi kemudian dikumpulkan (mencoba – berpikir kritis)
5.      Guru membagikan lembar penilaian untuk diisi di rumah

·        Pengayaan
Siswa memberikan contoh lebih banyak mengenai hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
·        Remedial
Guru mengulang penjelasan tentang penjumlahan
·        Kerjasama Dengan Orangtua
1.      Orang tua membimbing anak mengisi lembar penilaian diri
2.      Orang tua diharapkan dapat mengajak siswa untuk berolahraga
3.      Siswa diminta melaporkan kegiatan olahraga bersama orang tua  kepada guru.

6.      Salam dan do’a penutup.






J.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      AFEKTIF ( SIKAP )
1.      Observasi
2.      Lembar Pengamatan Sikap
Tema                    :                                           Hari/tanggal :
Sub Tema :


No

NAMA SISWA
PERILAKU YANG DIAMATI
PERCAYA DIRI
DISIPLIN
KERJASAMA
1










2










3










           Keterangan :
Kriteria Penilaian : 3 : Membudaya 2: Berkembang 1 : Belum terlihat

2.      PSIKOMOTOR
kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu pendampingan (1)
1.      Menceritakan tentang olahraga kesukaan.
Sesuaik dengan topic kalimatnya jelas, lancer dalam menyamapaikan
Hanya memaham 2 kriteria
Hanya mememnuhi 1 kriteria
Belum mampu
2.      Memeragakan sikap yang boleh dilakukan di rumah
Sesuai dengan topic, kalimatnya je;as, lancer dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya mememnuhi 1 kriteria
Belum mampu
3.      Menyelesaikan soal cerita
Dapat memahami kesoal cerita dengan baik, membuat kalimat matematika yang tepat, menjawab dengan tepat
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya mememnuhi 1 kriteria
Belum mampu

3.      KOGNITIF ( PENGETAHUAN )
A.    Lembar Penilaian Pengetahuan
Kerjakan soal-soal di bawah ini!

SKOR PENILAIAN  :  10 X 10 = 100
                                                                                                             ............, .....................
                                                                                                      Mengetahui,                           
Guru Kelas                                                                                  Kepala Sekolah


Video dapat di lihat dan di download pada link:







https://www.youtube.com/watch?v=MaPaqGeOAv4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPA: Sifat dan Perubahan Bentuk Banda